Membuat agregrasi situs pemerintah

Membuat agregrasi situs pemerintah

RSS feed mungkin sudah tidak terkenal, mungkin sudah tidak banyak yang menggunakannya lagi. Namun dulu RSS pernah ngetrend di jamannya. Banyak planet-planet bermunculan. Namun hanyalah planet dari agregrasi RSS. Planet-planet yang pernah terkenal ada planet terasi, ada juga planet tentang PHP (maaf lupa namanya), planet bumi (eh ngelantur). Yang jelas di kota saya tercinta, Trenggalek (kota kecil di jawa timur bagian barat dan punya pantai di selatan yakni pantai Prigi. Kalau masih belum tahu yang ibu Bupatinya Arumi Baschin itu lhoh...) pernah muncul planet Trenggalek. 

Planet Trenggalek adalah kumpulan RSS dari blogger Trenggalek. Sekarang sudah mati sih namun sepertinya teknologi yang ada di Planet Trenggalek perlu digunakan lagi. Kalaupun sudah tidak bisa berfungsi, kok sangat penting untuk dihidupkan lagi. Lihat saja ada berapa "situs humas" di Trenggalek. Banyak sekali, bahkan Bupati dan wakil Bupati Trenggalek yang baru menganggap situs official (Trenggalekkab.go.id) dan situs humas yang versi official (humas-trenggalek.blogspot.sg) masih kurang. Akhirnya diluncurkanlah www.trenggalekmembangun.id. 

www.trenggalekmembangun.id hadir sebagai semangat Trenggalek, branding yang kuat akan menghidupkan Trenggalek. Tidak cukup dengan situs official saja. Hadir dengan konten infografik yang menawan dan disertai kliping artikel (mirip-mirip 'kopas' gitu lah) sangat  menarik untuk dikumpulkan menjadi artikel terpusat bersama artikel-artikel dari situs official lainnya.

Cita-cita saya sih mengumpulkan artikel dari situs trenggalekmembangun.id, blog humas, beserta situs-situs SKPD lainnya menjadi kumpulan artikel terpusat di situs oficial. Kasihan adminnya kalau kopas terus dari blog humas. Alangkah enaknya kalau sudah ada script yang mengotomatisasi pekerjaan ini. 

Kenapa saya melakukan ini? Bukan karena ingin diperhatikan tapi karena saya dapat job untuk melakukan ini. Walaupun bukan spesifik untuk daerah Trenggalek. 

Sebagai langkah awal perlu kiranya mengubah format RSS yang jadul itu menjadi json. Rasanya lebih enak dimainin kalau sudah berwujud json.

Sebagai langkah awal saya tentukan field yang diambil adalah yang penting-penting saja. Toh yang akan ditampilkan adalah potongan artikel saja dan kalau ingin meneruskan membaca tinggal klik link dan diarahkan ke situs aslinya.
Field yang saya gunakan:

  • title  (judul artikel)
  • link (lik ke artikel asli)
  • pubDate (tanggal publikasi)
  • content (isi artikel)


Ada 3 cara merubah dari RSS ke json

  1. cara pertama memanfaatkan Google API
  2. memanfaatkan rss2json API
  3. tanpa menggunakan API

Untuk tutorial kali ini kita menggunakan cara 1 dan 2 saja. Kalau sudah jadi kita evaluasi apakah sudah cara ini efektif apa belum. Kalau belum baru kita pakai cara 3.

Cara 1 dan 2 scriptnya sama cuma beda API end poinnya saja.

  1. $api_endpoint = 'http://rss2json.com/api.json?rss_url=';  
  2. $api_endpoint = 'https://ajax.googleapis.com/ajax/services/feed/load?v=2.0&num=20&q=';

Sebagai catatan api_endpoint nomor 2 sudah deprecated namun masih bisa digunakan. Amannya pakai yang nomor satu saja.


Function untuk menampilkan kumpulan artikel dari RSS feed adalah sebagai berikut:

Tentunya masih ada PR lagi yakni menggabungkan dari berbagai sumber artikel. Namun juga memikirkan kecepatan website nantinya. Silahkan tunggu di artikel selanjutnya.

 

loading komentar ...