Pemanfaatan Chat Bot Facebook untuk Layanan Umum

Pemanfaatan Chat Bot Facebook untuk Layanan Umum

Dengan semakin canggihnya teknologi informasi, dimungkinkan sebuah mesin yang dapat berpikir/ mengambil keputusan sendiri. Dengan adanya Facebook yang sedemikian populer di kalangan masyarakat Trenggalek maka sebaiknya layanan umum yang berhubungan dengan masyarakat juga menyentuh kalangan pengguna media sosial Facebook. Belum lagi dengan Facebook gratis di beberapa operator seluler maka menurut kami layanan melalui Facebook sangatlah efektif.

Sekarang ini penggunaan Facebook untuk layanan umum, hanya terbatas pada penggunaan Facebook Page. Untuk penanganan layanan umum (misalnya aduan masyarakat) sangatlah tidak efektif. Aduan tersebar di banyak group dan di banyak status. Mungkin banyak cara untuk mengumpulkan aduan masyarakat yang tersebar di sosial media namun kali ini fokus pada penggunan chat bot di facebook untuk memaksimalkan layanan umum lewat media sosial.

facebook chat bot untuk pengisian form

Di Facebook chat bot, kita dimungkinkan untuk membuat form yang berguna dalam pengumpulan informasi. Setelah masyarakat mengisi form, datanya dapat kita kumpulkan di database atau kita 'redirect' ke email. Ke email saluran pengaduan pemkab Trenggalek misalnya (trenggalek.membangun@gmail.com). Dengan begitu maka aduan akan lebih mudah diarsipkan, mudah ditangani dan tidak berceceran ke mana-mana. 

Facebook chat bot untuk menampilkan informasi

Selain untuk mengumpulkan informasi, facebook chat bot juga dapat digunakan untuk menampilkan informasi. Untuk pengecekan Pajak Bumi & Bangunan Perdesaan dan Perkotaan misalnya. Atau melihat prosedur perijinan Pengguna cukup inbox (PM atau japri) bot facebook. Bisa dilakukan lewat facebook messenger, facebook web, facebook lite atau facebook zero. Asalkan bisa buat 'inbokan' maka masyarakat bisa mengakses fasilitas tersebut. Dengan tampilan fasilitas chat facebook seperti biasanya masyarakat tidak akan kesulitan menggunakan ini. Seperti 'chatting' dengan teman di facebook namun bedanya ini mengobrol dengan 'bot' atau sebuah aplikasi komputer.

Semoga dengan chat bot yang familiar dan 'gratisan' dapat menyentuh kalangan bawah yang terlanjur melek media sosial. Semoga mbok Darmi yang biasa 'pesbukan' bisa melaporkan majikannnya yang memberi gaji di bawah UMR. Semoga kang Mukidi yang biasa menggoda cewek-cewek di facebook juga mau melaporkan jalan-jalan protokol yang bolong-bolong. Semoga dik Cyntia yang sering posting event-event di sekolahnya juga bisa memberi ide bagus untuk membangun daerahnya lewat aplikasi chat facebook.

loading komentar ...